Senin, 09 Februari 2009

OTOMOTIF


SPESIFIKASI YAMAHA VEGA ZR

Mesin

Tipe :
4-stroke, 1 silinder, SOHC, pendingin sirip udara

Diameter x Langkah:
50.0 x 57,9 mm

Volume silinder:
Karburator :
Tenaga:
Torsi:

-113.7 CC
-Mikuni VM15SH
-6,5 kW (8,7 PS)@7.500 rpm
-8,3 Nm (0,85 kgf-m)@4.500 rpm

Kopling:
Manual, basah, multiplat

Transmisi:
4 percepatan

Sistem starter:
Starter listrik dan kaki


Kelistrikan

Baterai:
12 V, 5 AH

Busi:
NGK/C6HSA/W2OFS-U

Sistem pengapian:
DC- CDI


Sasis

Rem depan:
Cakram hidraulis/tromol

Rem belakang:
Tromol

Ukuran ban depan:
70/90-17M 38P

Ukuran ban belakang:
80/90-17M 44P


Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi
1.930 x 675 x 1055 mm

Jarak sumbu roda:
1.235 mm

Jarak terendah:
126 mm

Berat:
97.0 kg

Kapasitas tangki BBM:
4.2 liter

Setelah melihat spesifikasi diatas, tentunya banyak dari kita yang segera membandingkannya dengan Honda Blade 110 R yang baru saja dirilis AHM. Memang jika kita perhatikan, Vega ZR dengan kapasitas mesin 4.6 cc lebih besar dari pada Blade 110R masih belum memiliki superioritas performa mesin. Adapun Tenaga yang mampu dikeluarkan mesin hampir setara bahkan baru keluar pada rpm yang lebih tinggi. Bahkan torsi yang dikeluarkan lebih kecil. Eit jangan pesimistis dulu……..!!! Torsi sebesar 8,3 Nm ini dikail pada rpm yang sangat rendah yaitu di 4.500 rpm, artinya Vega ZR ini praktis sangat enak untuk diajak ber-manuever di kemacetan lalu lintas perkotaan yang padat. Lebih ekstrim lagi cocok untuk road race pasar senggol.
Mungkin dari sisi mesin superioritas mesin Yamaha tidak tampak, ini bukan berarti Vega ZR mengalami kemunduran dalam hal performa mesin dibanding pendahulunya, akan tetapi kubu Honda dengan Blade 110R-nya memang kali ini tampil “luar biasa” keluar dari pakem ke-Honda-annya. Ya… keluar dari “pakem” ke-Honda-annya.

Pricing Strategy Vega ZR
Coba kita lihat dari sudut pandang yang lain, dengan performa bebek 110cc yang cukup Dashyat ini, Honda Blade 110R dapat dimiliki dengan Rp.13,5 Jt. So what up? Vega ZR dengan performa yang mirip dapat Anda miliki dengan harga Rp. 11,9 Jt-an, paling mahal Rp.12Jt-an. He he h e….ingat om-om, tante-tante, kakak-kakak, adik-adik semuanya…sekarang jamannya cari uang susah…kata orang mulai krisis dunia. Lalu value for money mulai diperhitungkan oleh konsumen. Nah bagi para konsumen yang berorientasi pada performa mesin, tetapi dengan memperhitungkan budget yang terbatas, ya… ini dia si Vega ZR bisa jadi solusinya.
Yamaha memang membidik pasar ini, dimana banyak kaula muda yang mendambakan performa mesin terbaik, dengan harga yang terjangkau oleh kantong mereka yang notabene banyak diantara mereka yang masih bergantung secara finansial pada orang tua-nya. Nah Yamaha menawarkan solusinya melalui produk baru mereka yaitu Vega ZR.
Soal keiritan…mhm Vega R pendahulunya sudah cukup banyak membuktikan keunggulan Yamaha soal irit-iritan. Bahkan sudah diakui sebagai motor paling irit versi Mr. Testo di tabloit “You Know Who!”
Soal harga jual kembali? Yamaha sudah membuktikan bahwa harga jual kembali mereka di beberapa tipe produk bahkan lebih baik dari Honda. Salah satunya ya… Vega R “si gesit irit” yang memiliki resale value yang tinggi.
Bagaimana dengan harga spare-part? tidak perlu diragukan lagi harga spare-part asli Yamaha adalah yang paling murah dibanding Honda dan Suzuki.Kalau masalah Desain Body motor mah selera konsumen aja… memang ada harga, ada benefit yang harus dibayar, entah itu value benefit maupun emotional benefit semata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar